Umum | 11 months ago
Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik

Pemimpin merupakan salah satu orang berpengaruh dalam menjalankan roda organisasi, bisnis atau yang lainnya. Namun semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dan disenangi oleh bawahannya. Berikut beberapa pemimpin yang disukai oleh bawahan yang bisa memajukan roda organisasi.

 

Jadilah Role Model yang Baik

Pemimpin merupakan cerminan bagi bawahan hendaknya mempunyai  karakter dan etika yang baik sehingga bisa menjadi panutan bagi bawahan. Sebelum melakukan sesuatu hal yang nantinya akan dikerjakan oleh bawahan baiknya pemimpin memberikan contoh dan bawahan bisa mengikuti apa yang disampaikan. Setiap apa yang dilakukan oleh pemimpin itu merupakan suatu hal yang akan ditiru oleh bawahan hendaknya seorang pemimpin mampu menjaga sikap yang baik dimanapun berada dan mempunyai pemikiran yang growth mindset.

 

Pandai Mengelola Emosi

Emosional merupakan suatu hal yang akan menimbulkan persoalan yang tidak baik jika tidak mampu untuk mengontrolnya. Seorang pemimpin yang baik harus pandai  mengelola emosi  untuk bisa mendapatkan keputusan yang terbaik tanpa adanya emosi yang terkandung dalam pikiran. Semakin tinggi emosi maka semakin tinggi pula tenaga yang dikeluarkan begitu pula sebaliknya dengan demikian seorang pemimpin harus pandai mengatur emosi dan menempatkan dirinya pada situasi apapun.

 

Mengasah keterampillan memimpin dengan konsisten

Semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pemimpin tergantung bagaimana kita mengasah keterampilan tersebut. Karena dalam diri kita mempunyai potensi yang begitu besar untuk dikembangkan dan berproses selayaknya menjadi seorang pemimpin yang diingikan pada diri kita . Seorang pemimpin yang baik mampu menempatkan diri disituasi dan kondisi apapun sehingga dibutukan sifat pemimpin yang fleksibel sesuai situasi yang dibutuhkan dalam lingkungan  dan mampu beradaptasi dengan cepat.

Berani mengakuhi kesalahan

Setiap orang pasti mempunyai kesalahan tapi tidak banyak orang berani mengakui kesalahanya karena gengsi dan malu. Tapi hal ini berbeda dengan seorang pemimpin yang ingin berubah lebih baik maka harus berani  mengakui kesalahannya sekecil apapun itu karena itu merupakan bukti tanggung jawab seorang pemimpin. Mengakui ksalahan bukan berati sebuah bentuk kegagalan melainkan kehormatan atas keberanian untuk mengakui kesalahan yang telah diperbuat.

 

Terus membangun koneksi

Seorang pemimpin memang lebih dari seorag bawahan maka  dari itu pemimpin harus mempunyai koneksi yang luas sehingga bisa menjalin hubungan yang lebih luas. Seorang pemimpin harus mampu dipercaya oleh banyak orang sehingga mudah menjalin relasi dengan banyak orang dan fokus pada tujuan yaitu mengenalkan diri dan lingkungan yang dipimpin

 

Terus Belajar

Menjadi seorang pemimpin memang harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan terus belajar dari pengalaman dan hal baru. Seorang pemimpin tidak boleh cepat puas dengan apa yang dimiliki saat ini karena itu hanya bersifat sementara. Melainkan harus bisa membuat hal baru sehingga bawahaan lebih bersemangat untuk mencontoh dan belajar kepada pemimpinya. Dengan demikian perlu adanya mindset yang berbeda yang harus dimiliki yaitu terus mengembanganka diri lebih dari yang lain agar organisasi yang dipimpin ikut berkembang juga.

 

Penulis  : Yoga Andika (Penggiat Posyandu Remaja)

 

 

Artikel Lainnya