Umum | 5 months ago
Membangun Personal Branding di Masyarakat

Personal branding merupakan mengenalkan diri kepada orang lain tentang siapa diri kita dan kebiasaan apa yang sedang kita jalankan saat ini. Seberapa penting personal branding? Sangat penting karena banyak orang tidak mengetahui diri kita namun dengan personal branding maka banyak orang akan mengenali siapa diri kita. Sehingga jika banyak orang yang membutuhkan sesuatu yang dibutuhkan dan sesuai dengan kemampuan kita maka orang tersebut akan datang pada diri kita.

 

Strategi Personal branding

Untuk membangun personal branding kita harus mengetahui siapa yang menjadi target personal branding agar tujuan terarah berikut ada beberapa tujuan pada umumya :

  1. Mengenali kemampuan diri sebelum kita membangun personal branding kita harus mengetahui kelebihan yang kita miliki saat ini atau kegiatan positif yang membangun seseorang bisa terinspirasi pada diri kita. Jika kita memmiliki hal tersebut kita bisa menindak lanjuti apa yang kita miliki.
  2. Menentukan target personal branding ketika kita sudah mengenali diri sendiri hal yang tidak kalah pentingnya ialah menentukan target sasaran dalam melakukan personal branding. Target personal branding sangat penting untuk menentukan arah dalam mempromosikan diri kita sendiri
  3. Membangun dan memperluas jaringan

Salah satu kunci keberasilan seseorang ialah pandai dalam menjalin komunikasi dan mampu bekerjasama dengan orang yang diajak komunikasi. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya membangun jaringan dan sebagai target personal branding yang nanti dilakukan. Maka pentingnya jaringan ialah sebagai bentuk upaya kita mengenalkan diri ke banyak orang

 

Memberikan kesan positif

Orang lain akan segan kepada diri kita jika kita memberikan kesan  positif dengan cara bersikap selayaknya baik dan bisa dicontoh, branding media sosial yang membangun dan tidak menyinggung perasaan orang lain memberikan komunikasi selayaknya prefesional sehigga orang lain bisa nyaman pada diri kita

 

Kanalkan diri pada target personal branding

Jika sudah menentukan target siapa yang menjadi personal branding kita maka perlu kita kenalkan pada orang lain caranya ialah buat media sosial seyaknya apa yang anda lakukan. Jika anda seorang pembisnis buatlah akun anda selayaknya pembinis dari upload dan story yang digunakan begitu juga dengan profesi yang lainnya.

 

Tujuan Personal Branding

Mengenalkan identitas diri

Semua orang harus tau siapa diri kita dan apa yang kita kerjakan saat ini karena menjadi patokan buat  kita melakukan personal branding.

Memberikan dampak positif

Perlu kita ketahui bahwa setiap diri kita mempunyai followers dan selalu mengamati apa yang kita lakukan sehingga perlu setiap  postingan yang dilakukan bisa memberikan dampak positif pada setiap followers kita.

Memberitahu  kualitas diri

Banyak orang disekeliling kita belum banyak mengetahui seberapa banyak pengalaman sehingga banyak orang  masih membatasi diri mereka untuk berkomunikasi dengan diri kita. Maka penting memberitahu mereka mengenai ilmu yang kita miliki sehingga mereka mengetahui kualitas diri kita.

Memberikan kesan sebagai solusi

Followers yang mengikuti diri kita pasti mempunyai berbagai masalah setidaknya dengan mereka membaca biografi atau membaca history kita menjadi salah satu solusi dari masalah mereka.

 

Penulis : Yoga Andika (Penggiat Posyandu Remaja)

Artikel Lainnya